Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Amis pada Daging Sapi dan Kambing, Dengan Baik dan Benar

Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Amis pada Daging Sapi dan Kambing, Dengan Baik dan Benar

Dapurstudi.id -  Idul adha atau idul qur'ban sebentar lagi, tepat pada tanggal 11 Agustus 2019 kita akan melaksanakan idul adha 1440 H. Mungkin banyak orang yang tidak tau cara menghilangkan kotoran atau darah yang menempel pada Daging sapi dan kambing setelah dipotong. Sebagian orang mungkin membersihkan darah atau bau amis dengan mencucinya, Tapi taukah anda dengan mencuci daging sapi dan kambing maka akan menghilangkan kualitas pada daging tersebut.?

Dikutip dari tribunsjambi , Dengan mencucinya kualitas daging akan menurun dan meyebabkan daging mengerut dan keras. "Kalau lihat di pemotongan hewan itu setelah disembelih daging itu digantung untuk menurunkan darah, bukan dicuci," tutur Arcad Fadillah, Senior Chef di The Westin Hotel.

Membersihkan Daging Sapi/Kambing dengan Baik dan Benar

Daging yang dicuci akan kaku bukannya rileks,sama seperti kulit kita jika terendam air akan mengerut. Kecuali setelah dicuci langsung dimasak ( jangan di diamkan ) tanpa jeda.
Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan bau amis dan kotoran pada daging sapi dan kambing tanpa dicuci adalah dengan direbus pada air mendidih.


Setelah daging sedikit berubah warna dan kotoran terlepas, segera buang airnya.
Lalu air tersebut langsung diganti baru dan kembali direbus untuk mendapatkan kaldu pertama rebusan daging yang menghasilkan rasa terbaik.
"Pokoknya setelah daging mulai browny langsung buang airnya dan langsung ganti air baru, buat kaldu. Itu daging akan tetap bagus dan empuk," kata Senior Chef yang sempat malang melintang di Timur Tengah ini. (Muhammad Irzal Adiakurnia)

Menghilangkan Bau Amis dengan bahan tambahan

1. Cuka dan Tomat

Selain dapat menghilangkan bau amis pada daging, cuka dan tomat memiliki kandungan asam yang bisa mengempukkan daging. Setelah daging dicuci bersih, usapi daging dengan cuka. Cukup setengah sendok teh cuka untuk satu potongan daging. Dan jangan terlalu banyak juga, karena bila terlalu banyak maka bisa menghilangkan cita rasa dari daging tersebut.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk melunakkan dan mengurangi bau amis pada daging sapi atau kambing. Selain itu, daging yang telah dilumuri jeruk nipis akan lebih awet, karena cairan jeruk nipis dapat menumbuh bakteri. Sebelum dimasak daging dilumuri dengan air perasan jeruk nipis lalu tunggu hingga 30 menit agar air perasan jeruk meresap dengan baik dan merata, sehingga bau amis pada daing benar benar hilang.

3. Parutan Nanas
 Nanas mengandung enzim nabati yang akan mudah larut dalam protein daging, serta mampu memecah jaringan ikatnya. Aroma asam nanas juga membantu meredam bau amis pada daging. Parut atau belender nanas terlebih dahulu lalu lumuri daging sapi dengan parutan nanas agar cepat empuk. Lalu diamkan dan simpan selama 1 jam. Sesuaikan jumlah parutan nanas jangan terlalu banyak karena daging bisa hancur saat dimasak.

Baca Juga   " Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Amis pada Ikan dengan Baik dan Benar, serta Memotongnya dengan Benar "
 

4. Parutan Jahe

Jahe adalah rempah alami yang sering digunakan sebagai campuran penghilang bau amis pada daging, jahe sering dipakai dari dulu oleh nenek moyang kita, karena memiliki aroma khas. Enzim preteolitik pada jahe dapat memecah protein sehingga daging cepat empuk. Caranya jahe diparut terlebih dahulu lalu parutan jahe tersebut dioleskan pada daging, diamkan sekitar 30 menit, barulah bisa dimasak sesuai selera Anda.


5. Daun pepaya

Cara ini lebih cocok digunakan untuk mengatasi bau tidak sedap pada daging kambing. Tapi anda juga bisa mengaplikasikannya pada jenis daging yang lain. Caranya yaitu dengan membungkus daging dengan daun pepaya. Jika anda kesulitan mencari daun pepaya, serbuk papain yang berasal dari getah pepaya dapat dipakai untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging dan bahkan bisa membuat daging menjadi empuk.

Pada dasarnya mencuci dagingpun tidak apa apa , asalkan langsung dimasak ( tanpa jeda ) terlebih dahulu. Namun jika ingin menyimpannya terlebih dahulu baiknya direndam pada air mendidih, seperti yang ditulliskan di atas. Artikel Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Amis pada Daging Sapi dan Kambing, Dengan Baik dan Benar , adalah informasi umum untuk masyarakat indonesia yang sebentar lagi akan merayakan hari raya idul adha atau idul qurban. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H :)


No comments for "Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau Amis pada Daging Sapi dan Kambing, Dengan Baik dan Benar "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel